iklan

iklan

Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Sabtu, 01 Agustus 2020

Ingin Pintar Matematika? Ini Rahasianya



Ayo siapa di sini yang mau jago matematika? Pasti semuanya mau. Mindset bahwa matematika itu pelajaran yang sulit memang saat ini sudah tidak asing lagi. Harus diakui bahwa matematika adalah sebuah pelajaran yang relatif sulit. Namun apabila kita memahami prinsip-prinsipnya, maka kita akan bisa belajar matematika dengan baik. Nah, ada beberapa tips nih yang bisa bikin kamu jago matematika.
1. Keinginan yang kuat
Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu niat. Tanamkan dalam sugestimu bahwa matematika itu pelajaran yang menyenangkan dan mudah. Karena kekuatan pikiran yang terjadi di otak kamu merupakan pusat kontrol dari semua aktivitas fisik dan psikis.
Dengan menanamkan pada dirimu kalau kamu suka matematika, maka kamu enggak akan jadi benci sama matematika. Bahkan kamu akan selalu merasa tertantang jika menemukan soal matematika yang enggak mudah untuk dipecahkan.
2. Berpikir bahwa matematika itu penting
Siapa yang bilang bahwa matematika cuma ada di pelajaran sekolah saja? Coba kamu tanya ke guru atau orang tua kamu. Pasti mereka akan menjawab bahwa matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kamu harus selalu berpikir bahwa matematika itu sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berpikir seperti itu kamu akan selalu berusaha untuk menyukai, mempelajari, dan menguasai matematika.
3. Belajar dengan rutin
Lebih baik kamu belajar hanya sebentar namun rutin dibandingkan belajar berjam-jam namun hanya saat menjelang ujian saja. Kamu bisa memulainya dengan 15 menit per hari. Lalu setelah terbiasa kamu bisa menaikan durasi belajarmu secara bertahap. 
4. Rajin berlatih soal dan jangan hanya sekadar menghafal
Untuk mahir matematika kamu tidak boleh hanya sekadar menghafal saja. Namun kamu harus memahami konsepnya dengan jelas. Jika kamu hanya sekadar menghafal rumus apalagi rumus cepat, maka kamu akan kebingungan saat soal yang disajikan tidak dapat dikerjakan dengan menggunakan rumus yang sudah dihafal tersebut.
Sedangkan jika kamu paham dengan konsepnya, maka saat kamu menemui soal yang divariasikan dengan model apapun maka kamu bisa menyelesaikannya. Jangan malas pula ya untuk berlatih mengerjakan latihan-latihan soal. Karena semakin sering kita mengerjakan berbagai macam soal matematika, maka akan semakin terlatih juga cara penyelesaian berbagai macam soal matematika.
5. Membuat catatan
Matematika kok mencatat? Kamu juga harus membuat catatan yang berkenaan dengan konsep matematika. Contohnya seperti rumus, contoh soal, dan lain sebagainya. Buatlah catatan yang komprehensif dan menarik. Catat pula hal-hal penting yang kadang tidak dituliskan oleh gurumu di papan tulis. Ternyata dengan mencatat kamu akan menjadi lebih paham saat menuliskannya ulang ke bahasamu sendiri. Kamu juga bisa mencari beberapa referensi catatan matematika punya orang lain.
6. Sering bertanya
Jika kamu sudah berusaha memecahkan soal matematika namun tidak kunjung mendapatkan solusinya, maka cara terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu dengan bertanya. Kamu bisa memanfaatkan platform online di mana kamu bisa bertanya soal-soal matematika yang tidak dapat kamu selesaikan. Selain itu, kamu juga bisa membantu pelajar yang lain dengan menjawab pertanyaan mereka jika kamu bisa. (sumber : viva.com)
untuk melatih mahir matematika silahkan kunjungi blog : https://ayotibel.blogspot.com/ di blog tersebut kami tampilkan materi dan pembahasan matematiak khususnya matematika untuk tingkat  SMP. 
klik gambar berikut untuk belajar matematika :