iklan

iklan

Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Kurikulum

A.                STRUKTUR KURIKULUM

Kurikulum SMP Negeri 13 Kota Serang menerapkan Kurikulum Tahun 2013 (Kurtilas),  pada  Kurikulum Tahun 2013 (Kurtilas) mata pelajaran dikelompokan menjadi kelompok A dan kelompok B, yang kesemuanya  program  harus diikuti oleh semua siswa SMP Negeri 13 Kota Serang.
            Kurikulum Tahun 2013 (Kurtilas)  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Kota Serang pada Tahun Pelajaran 2018-2019 diterapkan pada kelas VII., VIII dan IX.
1.1.       Kompetensi Inti
Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga.
Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Kota Serang  untuk kelas VII

KOMPETENSI INTI KELAS VII, VIII dan IX

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

1.2.       Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

1.3.       Struktur Kurikulum
Berdasarkan kompetensi inti disusun matapelajaran dan alokasi waktu yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Susunan matapelajaran dan alokasi waktu untuk Sekolah Menenga Pertama (SMP) Negeri 13 Kota Serang  sebagaimana tabel berik.


Komponen
Kelas Dan Alokasi Waktu
NO
Mata Pleajaran
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Kelompok A



1.
2.

3.
4.
5.
6.
7.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bahasa  Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa Inggris
3

3
6
5
5
4
4
3

3
6
5
5
4
4
3

3
6
5
5
4
4
Kelompok B






Seni Budaya
Pendidikan Jasmani,  Olah Raga, dan Kesehatan
Prakarya
3

3
2
3

3
2
3

3
2
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
38
38
38

Keterangan :
Matapelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.