iklan

iklan

Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Jumat, 31 Juli 2020

Pembelajaran Daring


Virus korona atau Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia dan  menyebabkan infeksi saluran napas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).
Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019. Covid-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia.  World Health Organization (WHO) menetapkan darurat dunia atas penyebaran virus korona yang begitu luas sehingga seluruh pihak harus ikut berpartisipasi meningkatkan pengawasannya terhadap kesehatan masyarakat.
Pemerintah Indonesia mulai cepat dan tanggap untuk menganjurkan warganya menerapkan social distancing atau mengisolasi diri di rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus yang semakin meluas. Penyebaran virus Covid-19 yang sangat masif berdampak luas bagi sektor penting di Indonesia terutama pada sektor pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengimbau para pendidik agar dapat menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dari rumah  dengan menngunakan sistem daring.
Belajar daring dilaksanakan sesuai Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia yang dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

   
          PENGERTIAN
Ø  Daring dan Luring
Daring merupakan akronim (singkatan) dari dua kata: "dalam" dan "jaringan". Dalam bahasa Inggris, kita biasa mengenalnya dengan istilah "online".
Kata "jaringan" di sini, mengacu pada jaringan internet. Jadi, daring/online biasanya membutuhkan internet.
Sedangkan, luring adalah akronim dari kata "luar" dan "jaringan", yang dapat dipadankan juga dengan istilah bahasa Inggrisnya, yakni "offline". Tentu saja kalau luring tidak membutuhkan internet.
Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan platform atau aplikasi  yang telah tersedia.